Sekolah | SMA NEGERI 1 PURWOHARJO SEKOLAH PROGRAM DOUBLE TRACK
sigit - 23-01-2020 01:52:19

Lulusan SMA  Negeri 1 Purwoharjo adalah generasi muda yang menjadi harapan keberlanjutan dan peningkatan taraf hidup masyarakat. Namun kita pahami tidak semua lulusan   SMA Negeri 1 Purwoharjo   mempunyai kesempatan melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi yakni PTN/PTS. Tidak semua siswa mempunyai kemampuan baik finansial maupun kepandaian untuk mema- suki jenjang pendidikan tinggi. Ketidakmampuan ini akan mengakibatkan potensi pengangguran di usia kerja akan meningkat & berdampak buruk pada kehidupan masyarakat. Dalam rangka memberikan pembekalan kemandirian bagi mereka yang berpotensi tidak melanjutkan ke Perguruan Tinggi (PT), maka SMA Negeri 1 Purwoharjo menyelenggarakan Program Double Track (DT). Program ini diberikan kepada   SMA Negeri 1 Purwoharjo yang mempunyai peserta didik >50% tidak melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Program Double Track memberikan sarana & bantuan kepada sekolah untuk menyelenggarakan pendidikan formal & program ketrampilan kewirausahaan. Ruang Lingkup penyelenggaraan program Double Track meliputi:

a. Pemetaan peserta didik   

b. Materi pelatihan dan pengembangan program

c. Penyiapan trainer, pengelola, operator dan juga bantuan sarana-prasarana

d. Sertifikasi

 Program Double Track ini diselenggarakan SMA Negeri 1 Purwoharjo bekerja sama dengan Bapak dan Ibu Guru yang menguasai dibidangnya. Semoga dengan diselenggarakannya program ini dengan melibatkan Bapak ibu memberikan pengaruh positif dan inspirasi bagi sekolah penyelenggara dan peserta didik yang mengi- kuti program DoubleTrack. Sehingga di masa mendatang bisa menjadi bekal ketrampilan dan kemandirian untuk menjadi tenaga siap kerja ataupun menjadi Wirausaha unggul yang meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

https://www.flickr.com/photos/186574611@N02/49427914291/in/dateposted-public/

SMA Negeri 1 Purwoharjo sebagai SMA Double Track adalah SMA  yang melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar Sistem SKS dan Reguler, dan menyelenggarakan Kegiatan Pembekalan Ketrampilan secara berdampingan dengan memanfaatkan kearifan lokal.

Lulusan SMAdi Provinsi Jawa Timur setiap tahunnya meningkat. Seiring dengan meningkatnya jumlah lulusan ternyata para lulusan SMA tidak semuanya mempunyai kesempatan melanjutkan ke Perguruan Tinggi baik Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta. Hal ini menyebabkan tingginya potensi lulusan SMA yang menjadi pengangguran. Namun, lulusan SMA yang Melanjutkan ke perguruan tinggi hanya ada 30% persen lebih banyak siswa yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi yaitu mencapai 70% . Inilah yang menjadi permasalahan tersendiri bagi pembangunan manusia, karena peserta didik lulusan SMA banyak yang tidak dibekali skill dasar untuk terjun ke dunia kerja. Untuk itu dalam rangka memberikan pembekalan kemandirian bagi mereka yang berpotensi tidak melanjutkan ke Perguruan Tinggi maka SMA Negeri 1 Purwoharjo menyelenggarakan Program Double Track. Program ini diberikan kepada SMA Negeri 1 Purwoharjo yang mempunyai peserta didik lebih dari 50% tidak melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Program DoubleTrack memberikan sarana dan bantuan kepada sekolah untuk menyelenggarakan pendidikan formal dan juga program ketrampilan kewirausahaan.

https://www.flickr.com/photos/186574611@N02/49427914206/in/dateposted-public/